Buku ini ditujukan bagi orang tua, pendidik, care giver yang memerlukan informasi mengenai dukungan psikososial untuk anak selama masa pandemi COVID-19 sehingga dapat memberi respons dan reaksi yang tepat serta lebih baik dalam menanggapi kebutuhan psikologis pada kelompok usia anak-anak.
Buku ini menggambarkan berbagai pengalaman psikososial yang dapat diberikan pada anak untuk meredakan intensitas emosi, kecemasan, frustrasi melalui aktivitas-aktivitas yang sifatnya menjelaskan reaksi emosi yang terjadi, mengenali bentuk emosi, serta cara mengalirkan emosi dengan sehat.
Situasi krisis, sebagaimana pandemi COVID-19 ini mengganggu rasa aman yang dialami anak terhadap lingkungannya dan akan menimbulkan rasa takut, cemas, sedih, bahkan perubahan perilaku. Setiap bab berusaha mengantarkan pada pemahaman menyeluruh dari gambaran umum mengenali kebutuhan anak sampai ke gambaran spesifik mengatasi problem emosi yang mempengaruhi aspek psikososial anak di masa pandemi.
Bagian akhir buku ini memaparkan contoh-contoh aktivitas psikososial untuk kelompok usia tertentu pada fase anak-anak yang dapat membantu orang tua dan anak membangun relasi yang lebih baik, perspektif yang sehat serta antisipasi terhadap situasi krisis dengan cara yang tepat.